Kamis, 07 Juni 2012

Deskripsi Sekolah







SMP Negeri 1 Pakusari berdiri pada tahun 1984/1985 atas filial SMP Negeri 2 Jember. SMP Negeri 1 Pakusari dilembagakan berdasarkan SK nomer : 0057/I04/1984 pada tanggal 20  Oktober 1984, dan masih menumpang di SD Negeri 2 Sumberpinang Pakusari. Pada bulan Januari 1986  SMP Negeri 1 Pakusari baru menempati gedung baru yang berlokasi di Desa Sumberpinang, Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember hingga sekarang. 


SMP Negeri 1 Pakusari terletak di arah timur kota Jember. Kurang lebih 12 km dari kota Jember. SMP Negeri 1 Pakusari merupakan SMP pinggiran yang terletak di desa Sumberpinang kecamatan Pakusari. Walau di desa, saat ini SMP Pakusari sudah banyak sekali mengalami kemajuan. Baik dari jumlah murid, jumlah gedung/ruang belajar dan fasilitas-fasilitas lainnya. Jika dilihat dari kondisi ekonomi, siswa-siswi SMP Pakusari termasuk ke dalam golongan ekonomi menengah ke bawah. Tetapi bukan  berarti siswa-siswi sekolah SMP Pakusari tidak bisa berkreasi. Kegiatan ekstarkurikuler di sekolah ini tergolong maju dan berjalan dengan baik. Sehingga, siswa-siswi SMP Pakusari tidak bisa dianggap sebelah mata.

SMP Negeri 1 Pakusari didirikan di atas tanah seluas 12.960 myang dikelilingi dengan pagar tembok. Semula sekolah ini hanya terdiri dari tiga ruang kelas dan satu ruang kantor, pada perkembangannya terjadi beberapa panambahan ruang gedung yang dibangun oleh pemerintah. Jumlah ruang kelas SMP Pakusari sekarang menjadi 18 ruang kelas. Ruang kelas tersebut dibagi dalam 7 rombongan belajar untuk kelas 9, 6 rombongan belajar untuk kelas 8 dan 5 rombongan belajar untuk kelas 7.


Walaupun sekolah pinggiran tetapi kegiatan pengembangan diri atau kegiatan ekstrakurikuler di sekolah SMP Pakusari tidak dapat dipandang sebelah mata. Kegiatan ekstrakurikuler disekolah ini dilakukan rutin setiap hari sabtu. Seluruh siswa diwajibkan mengikuti minimal satu kegitan ekstrakurikuler. Sehingga, siswa-siswi bisa mengembangkan potensi non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di SMP pakusari antara lain: Sepak Bola, Bola Voli, Drum Band, Pramuka, PMR, Klub Matematika, English Club, Bulu Tangkis, dan Paduan Suara.


Yanita
bhs. inggris 08

kk-PPL Unej 2012

0 komentar:

Posting Komentar