Sabtu, 02 Juni 2012

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF


Belajar merupakan aktifitas dan hal wajib bagi semua orang khusunya pelajar sekolah. Seringkali belajar dikesampingkan oleh pelajar, mereka lebih mengutamakan aktufitas lain yang lebih menyenangkan. Kebanyakan pelajar lebih suka belajar dengan cara SKS (Sistem Kebut Semalam), ada juga yang belajar apabila ada ulangan. Padahal belajar yang sepeti itu tidak efektif dan pelajaran yang masuk tidak bisa optimal. Di sini akan dibahas bagaimana belajar yang efekrif.
Belajar efektif biasa disebut dengan cara belajar yang bermakna atau berkesan. Atau cara yang ampuh untuk belajar memahami sesuatu atau pelajaran dengan mudah dan cepat menggunakan cara-cara yang paling efisien dan efektif. belajar
Berikut ini tips cara belajar efektif :
1.      Anda mau fokus membaca, mengetahui atau mendapatkan gambaran tentang mata pelajaran yang akan disampaikan oleh guru atau dosen ,
2.      Melakukan praktek atas inisiatif sendiri, karena anda menyukainya,
3.      Mendiskusikan pelajaran-pelajaran dengan teman-teman anda yang memiliki keinginan dan fokus yang sama dengan anda.
4.      Membaca materi pelajaran pada saat sebelum dan sesudah tidur di malam hari. Cara ini adalah cara belajar paling baik dan efekrif untuk membuat pikiran anda supaya bisa lebih memahami mater-materi pelajaran.
5.      Cobalah untuk selalu mengajarkan setiap ilmu pengetahuan kepada orang lain. Sebab contoh cara pembelajaran seperti ini adalah termasuk yang terbaik dalam hal cara belajar efektif.
Kesimpulan Cara Belajar Efektif
Jika kita menginginkan sesuatu lalu kita mempelajarinya, Kemudian kita mengerjakan semua prosesnya dengan disiplin dan tekun, Maka insya allah kita akan cepat mendapatkannya. Disiplin dan tekun itu akan ada dengan sendirinya didalam pikiran bawah sadar kita. Caranya adalah jika kita memiliki keinginan dan motivasi belajar, mengetahui cara caranya dan bersedia mengerjakan setiap prosesnya dengan akurat. Dalam hal belajar supaya bisa cepat memahami, kita senantiasa harus menempatkan unsur keinginan dan ketekunan ini didalam pikiran kita. Sebab keinginan adalah proses awal sebuah pencapaian, Dan tekun dalam belajar berarti terus menerus belajar sampai memahami. Setiap kali anda hendak tidur di malam hari, Lakukanlah hal berikut ini : Pejamkan mata anda dan katakan kepada diri anda sendiri bahwa anda sedang melakukan sesuatu yang benar dan tidak sedang salah melangkah.
Jika hal tersebut diatas anda lakukan setiap malam, setiap kali anda hendak tidur, Maka pemikiran anda akan dibawa menuju kepada kepercayaan atau merasa percaya diri dan kendali diri. Toh jika anda belum menemukan cara-cara yang paling benar dan efektif, anda akan secara otomatis dikendalikan oleh diri anda sendiri setiap malam sebelum tidur untuk selalu memperbaiki diri dengan motivasi diri.


02 Juni 2012
Deztyra N.I
Pend. Matematika
kk-ppl Unej 2012

0 komentar:

Posting Komentar