Sabtu, 02 Juni 2012

Kegiatan Kewirausahaan SMP N 1 Pakusari


Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

proses pembersihan kulit kedelai
proses penggilingan kedelai
Di SMP N 1 Pakusari terdapat pelajaran kewirausahaan. Tetapi pelajaran kewirausahaan tidak menggunakan teori dikelas seperti pelajaran yang lain melainkan langsung praktik dilapangan. Pengajaran kewirausahaan ini untuk melatih para siswa agar terampil sejak dini. Selain itu para siswa dilatih agar menghargai suatu pekerjaan serta merasakan bagaimana rasanya berwirausaha. Manfaat lain dari pelajaran kewirausahaan adalah , melatih kemampuan siswa menghitung laba dan rugi dari usaha yang mereka lakukan.
Kunjungan di Stand kita 

Bentuk dari pelajaran kewirausahaan ini untuk sementara adalah pembuatan tempe. Pembuatan tempe tergolong mudah untuk siswa SMP jadi praktik pembuatan tempe sesuai untuk para siswa SMPN 1 Pakusari. Pembuatan tempe dilakukan disekolah dan dilakukan oleh para siswa sendiri dan para guru hanya mengawasi kegiatan proses pembuatan tempe. Sehingga, mereka mengetahui dengan baik proses pembuatan tempe. Setelah pembuatan tempe selesai, tugas para siswa tidak selesai sampai disini, mereka sendiri juga harus memasarkan tempe buatan mereka. Jadi para siswa bisa dilatih dalam berwirausaha yang tentunya nantinya berguna bagi mereka sendiri.

Perlu diketahui juga modal yang digunakan para siswa untuk pembuatan tempe semuanya dari sekolah. Ini membuktikan SMP N 1 Pakusari sangat peduli dengan siswa. Utami Siwi, SPd.,M.Pd adalah Kepala Sekolah SMP N 1 Pakusari. Beliau menyumbangkan ide pelajaran Kewirausahaan dalam bentuk pembuatan tempe dengan harapan para siswa mempunyai ketrampilan dan ketrampilan tersebut bisa berguna untuk para siswa.





01 mei 2012
Yanita
bhs. inggris 08
kk-ppl unej 2012

0 komentar:

Posting Komentar