Senin, 04 Juni 2012

Ekstrakurikuler: Paduan suara SMPN 1 Pakusari

Paduan suara atau kor (dari bahasa Belanda, koor) merupakan istilah yang merujuk kepada  ensembel musik yang terdiri atas  penyanyi-penyanyi maupun  musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara (bahasa Inggris: part, bahasa Jerman: Stimme). Dalam pengertian ini, paduan suara juga mencakup kelompok vokal (vocal group), walaupun kadang kedua istilah ini saling dibedakan.
Pelatihan paduan suara di SMPN 1 Pakusari ini ditujukan agar paduan suara di SMP 1 Pakusari lebih baik. Meskipun tidak dilatih seprofesional paduan yang sebenarnya akan tetapi diharapkan paduan suara di sini lebih baik lagi karena saat pertama mengikuti upacara di SMP 1 ini, paduan suaranya kurang “nggreget”.
Waktu itu Bu Kepsek minta tolong kepada praktikan PPL untuk mengajari paduan suara. Dan kebetulan ada dua teman praktikan yang bergelut di dunia “suara”. Untuk paduan suara dilatih oleh Yohanes Danni Prihartanto dari prodi Matematika dan Gilang Ajeng dari prodi Fisika serta seorang guru pendamping yakni Ibu Tutik Endah Lestari, S.Pd. Pelatihan paduan suara ini mulai berlangsung awal penerjunan PPL.
Di dunia paduan suara SMP 1 Pakusari tidak hanya diajari bernyanyi tapi juga membaca not balok. Latihan pernapasan dan pengambilan suara sebelum bernyanyi juga diajarkan. Selain lagu wajib Indonesia Raya, lagu-lagu nasional juga diajarkan seperti wajib belajar, padamu negeri, satu nusa satu bangsa. Untuk paduan suara, murid-murid diambil secara acak dari setiap kelas. Awalnya kelompok paduan suara hanya berisi murid perempuan saja tapi sekarang sudah “heterogen”.
Latihan paduan suara diadakan setiap hari Sabtu pada jam pengembangan diri. Setelah hampir dua bulan diadakan latihan, paduan suara di SMP ini semakin membaik di setiap performanya. Bisa dibilang latihan yg diberikan Danni dan Ajeng berhasil.

06 Mei 2012
by:  Rosy
English 08
kk-ppl unej 2012

0 komentar:

Posting Komentar